Apa itu (MPASI) Puree?

puree mpasi

Puree adalah makanan yang dilembutkan baik itu dengan blender, grinder, ditekan-tekan, atau yang sejenis. Agar dipastikan lembut puree juga kadang disaring. Puree biasanya dibuat dari bahan dasar berupa sayur atau buah. Puree sering dan bagus dikenalkan pada awal-awal MPASI (6 bulan).

Pilihlah bahan (buah atau sayur) yang organik untuk mengurangi zat residu pestisida, namun apabila susah maka buah/sayur biasa juga tidak mengapa asalkan dicuci sampai benar-benar bersih.

Puree Buah

Puree Buah
Buah yang biasa digunakan sebagai puree antara lain: alpukat, pisang, apel, peach, pear, mangga, pepaya, dll.

Puree Sayur

Puree Sayur
Sayur yang bisa digunakan sebagai puree antara lain: wortel, ubi/sweet potato, buncis, kacang kapri/kacang polong, labu, bayam, kentang, bit, brokoli, kembang kol, asparagus, dll

Sayur Dulu atau Buah Dulu?

Pada umumnya buah memiliki rasa yang lebih enak dibanding sayur. Oleh karena itu ada yang berpendapat lebih baik dikenalkan sayur terlebih dahulu agar si kecil suka makan sayur.

Berikan satu jenis makanan selama beberapa saat untuk mempermudah analisa; apakah bikin mencret, apakah bikin konstipasi, apakah bikin alergi? Jika variasi terlalu banyak akan susah untuk analisa. Jangan takut kalau bayi merasa bosan.

Cara Membuat Puree

Masing-masing bahan berbeda cara mengolahnya tergantung bahan dasarnya; ada yang mentah langsung dihaluskan (pisang, alpukat, pepaya), ada yang direbus dulu, dan ada yang dikukus dahulu.

frozen puree baby food

Puree dapat disimpan didalam freezer untuk digunakan beberapa kali. Ketahanan puree juga berbeda-beda tergantung jenis bahan makanan yang diolah. Anda bisa menggunakan wadah khusus seperti wean maister, brother max, baby cubes, munchkin, dll. Lengkapnya disini. Atau anda juga bisa menggunakan plastik zip-lock, caranya setelah makanan beku keluarkan dan masukkan kedalam plastik maka kontainer bisa dipakai untuk yang lainnya.