Ardo Easy Cup Feeder

Ardo Easy Cup

Ardo Easy Cup Feeder merupakan alat bantu minum ASI perah untuk bayi.

Keunggulan cup feeding adalah mengurangi resiko bingung puting.

Asumsi saya sendiri cup feeding bagus untuk pertumbuhan rahang dan melatih bayi makan lebih dini. Pada awal proses makan bisa kita dapati bahwa makanan akan keluar karena bayi belum mahir mengontrol mulut dan lidah agar makanan bisa masuk kedalam kerongkongan. Adapun proses cup feeding lebih mirip proses makan/mengunyah daripada ketika menggunakan botol dot.

Tapi ada beberapa literatur yang menunjukkan bahwa pemberian ASIP dengan botol dot lebih disarankan ketika bayi benar-benar butuh asupan nutrisi yang lebih cepat karena proses cup feeding memang lebih membutuhkan kesabaran.

Adalah produk dari Ardo bernama Easy Cup berbahan dasar plastik polypropylene (BPA Free) dan dilengkapi dengan tutup sehingga ASIP bisa terjaga dari kontaminasi debu dan kotoran lainnya. Kapasitas cup 50ml ada garis-garis untuk mengetahui takaran volume-nya.

Tips latihan cup feeding:

  • Posisi kepala bayi adalah tegak vertikal. Posisi cup/gelas jangan terlalu dimiringkan karena bayi minum dengan sangat pelan.
  • Latihan dilakukan saat bayi sedang tidak kelaparan. Kondisi bayi yang kelaparan akan lebih susah.
  • Cup feeding dilakukan oleh selain Ibu. Tanamkan kepada bayi bahwa saat dengan ibu adalah minum nenen langsung dan saat tidak ada Ibu maka minum dengan cup feeder.
  • Lakukan dengan sabar karena bayi lebih lama beradaptasi daripada orang dewasa.

Harga:

45.000

Video cara penggunaan cup feeder:

Salah satu literatur petunjuk cup feeding (file pdf bahasa inggris):

http://www.seslhd.health.nsw.gov.au/rhw/Manuals/documents/Lactation/Spoon and Cup Feeding – Alternative Feeding Methods in the Early Postnatal Period.pdf