Biskuit Bayi Catemma

biskuit catemma

Satu lagi hasil riset dari FKM Universitas Indonesia (Dr Fatmah, SKM, MSc) berupa biskuit dengan bahan tepung Mocaf, tepung Tempe, serta selai Kurma yaitu Biskuit Bayi Catemma.

Apa itu tepung Mocaf?

Mocaf kadang dinamakan Motecaf adalah produk tepung dari ubi kayu yang diproses dengan prinsip memodifikasi sel ubi kayu sehingga hasilnya berbeda dengan tepung gaplek ataupun tepung ubi kayu. Mocaf dapat digunakan untuk membuat kue kering (cookies, nastar, dan kaastengel), kue basah (lapis, brownies, spongy, dan cake), bihun, dan campuran produk lain berbahan baku gandum atau tepung beras, dengan karakteristik produk yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan penggunaan tepung terigu maupun tepung beras.

Apa kelebihan Mocaf dibanding Terigu?

Mocaf adalah bahan makanan yang tidak mengandung gluten (gluten free). Gluten sendiri bukan merupakan unsur berbahaya, hanya saja sebagian orang memiliki alergi terhadap gluten. Ciri-cirinya adalah jika seseorang mengkonsumsi makanan bergluten maka akan terjadi gangguan pada sistem pencernaan. Gluten dijumpai pada makanan olahan berbahan terigu, rye, barley, dan oat. Mocaf bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh orang obesitas, dan penderita penyakit diabetes; mengandung serat tinggi dan kalsium tinggi; serta teksturnya lembut.

Tentang Tepung Tempe

Tempe terbuat dari tepung kedelai yang mengandung protein nabati, serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi, serta kalsium sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Tentang Kurma

Kurma banyak mengandung karbohidrat (glukosa), vitamin A, seng Zn), zat besi (Fe), dan serat. Kurma dapat meningkatkan ASI ibu yang sedang menyusui.

Biskuit Catemma bagus diberikan untuk bayi. Selain itu baik juga untuk ibu hamil, ibu menyusui, serta lanjut usia.

Satu kemasan Catemma berisi 90gram dan terdapat empat variasi rasa didalamnya: Leci, Coklat, Mangga, dan Jeruk.

biskuit catemma

Komposisi:

Mocaf, Tepung Tempe, Mentega, Telur, Gula Putih Halus, Perisa (coklat, jeruk, mangga, leci), Pengawet Natirum Benzoat

Informasi Nilai Gizi (takaran saji 100 gram)

  • Energi 495 kalori
  • Karbohidrat 61.8 gram
  • Protein 5.80 gram
  • Lemak 23.8 gram
  • Natrium 460 miligram
  • Zat Besi (Fe) 1.32 miligram
  • Seng (Zn) 0.93 miligram
  • Vitamian A 155 IU

Harga Biskuit Bayi Catemma:

IDR 14.000