Biskuit Temma, Cemilan Sehat untuk Bayi

biskuit temma
Biskuit Temma adalah biskuit bayi yang terbuat dari tepung tempe dan selai kurma. Kudapan ini secara khusus diracik untuk balita Balita Stunted (Pendek) dan Wasted (Kurus). Merupakan salah satu hasil inovasi dari program pengabdian masyarakat yang dilakukan Universitas Indonesia (Dr Fatmah, SKM, MSc).

Biskuit TEMMA dikemas dalam plastik higienis. Tiap bungkus terdiri dari 4 rasa yang disukai oleh anak-anak: coklat, mangga, melon, strawberry (Assosrted Biscuit). Note: TIDAK ADA pilihan rasa, satu bungkus sudah ada 4 rasa sekaligus.

Mengapa menggunakan tepung tempe?

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus Oligosporus, Rh. Oryzae, Rh. Stolonifer (kapang roti), atau Rh. Arrhizus. Persediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”. Tempe berpotensi untuk digunakan melawan radikal bebas, sehingga dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain). Selain itu, tempe juga mengandung zat antibakteri penyebab diare, penurun kolesterol darah, pencegah penyakit jantung, hipertensi, dan lain-lain. Tepung Tempe adalah salah satu bentuk diversifikasi (untuk meningkatkan nilai jual tempe) yang juga turut memperkaya pilihan sumber protein nabati, sebagai sumber protein nabati yang ekonomis dan mampu meningkatkan nilai gizi pada makanan berprotein rendah. Pada tempe juga terdapat Linolenic Acid dan Omega yang merupakan nutrisi untuk Otak.

Manfaat Kurma untuk Balita

Kurma banyak mengandung karbohidrat (glukosa), vitamin A, seng (Zn), zat besi (Fe), serta serat yang dapat meningkatkatkan nafsu makan anak-anak.

Review Biskuit Temma

Biskuit Temma sudah diujicobakan selama tiga bulan kepada 70 balita di Kota Depok pada 2013. Hasilnya positif; jumlah balita kurus berkurang dari 17 orang menjadi 6 orang, jumlah balita pendek menurun dari 22 orang menjadi 16 orang, dan jumlah balita pendek kurus menurun dari 14 orang menjadi 4 orang.

Biskuit Temma juga dipamerkan dalam Konferensi Internasional “The 2nd AsiaEngange Regional Conference 2014” pada 17-20 November 2014 di Nusa Dua, Bali yang diikuti oleh perwakilan dari negara-negara ASEAN.

Biskuit ini bisa diberikan secara terpisah ataupun digabung/dicampur dengan sumber nutrisi lainnya.

biskuit temma

Nilai Gizi dari Temma

100 gram biskuit TEMMA mengandung energi 490 kalori; 61,8 gr karbohidrat; 9,62 gram protein; 22,7 gram lemak; 1,9 gram zat besi; 1,9 gram zinc; dan 139 IU vitamin A. Dengan mengonsumsi 50 gram biskuit tiap harinya maka kebutuhan energi anak usia 1-3 tahun tercukupi 21,7%; 18,5% AKG protein; 25,8% AKG lemak.

Komposisi: terigu, tepung tempe, maizena, mentega, telur, selai kurma, gula putih halus, perisa (coklat, mangga, melon, strawberry), pengawet natrium benzoat.

HALAL MUI

Kandungannya aman dan sesuai regulasi dari BPOM.

Harga Biskuit Temma:

IDR 14.000 (90 gram)