Our Lady of La Leche Tea: Booster ASI dari Bird and Bees Teas

Our Lady of La Leche Tea

Booster ASI berbentuk teh dari Bird and Bees ini diberi nama “Our Lady of La Leche Tea”. Walaupun namanya teh tapi kandungannya tidak ada daun teh (caffeine free). Kandungan teh booster asi ini adalah 100% alami: Nettle Leaf, Alfalfa Leaf, Marshmallow Root, Fennel Seed, Fenugreek Seed, dan Astragalus Root. Our Lady of La Leche Tea Hand-Blended in Denver, Colorado. Mari kita kupas satu per satu khasiat tiap bahannya.

1. Nettle Leaf

Dalam bahasa Indonesia diberi nama daun jelatang. Herbal ini banyak digunakan untuk mengatasi masalah seputar saluran kencing dan termasuk Galactagogues yaitu herbal yang berfungsi sebagai booster asi. Memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga bagus untuk penderita anemia untuk melawan rasa lelah. Penggunaan Nettle Leaf sebagai booster ASI biasanya dikombinasikan dengan jenis herbal lainnya (seperti fenugreek dan sejenisnya). Nettle Leaf TIDAK boleh dikonsumsi pada saat kehamilan kecuali mendekati waktu melahirkan. Lebih detail tentang Nettle Leaf bisa dibaca disini http://breastfeeding.about.com/od/milksupplyproblems/a/Stinging-Nettle-And-Increasing-Breast-Milk-Supply.htm.

2. Alfalfa Leaf

Daun Alfalfa ini adalah bahan utama yang dipakai K-Liquid Chlorophyll (bukan promosi ya, he he). Herbal ini telah dikenal sejak zaman dulu dan juga merupakan salah satu dari Galactagogue (booster asi). Lebih detail tentang Alfalfa leaf bisa dibaca disini http://breastfeeding.about.com/od/milksupplyproblems/a/Alfalfa-And-Increasing-Breast-Milk-Supply.htm.

3. Marshmallow Root

Beberapa literatur menyebutkan bahwa penggunaan Marshmallow Root harus digunakan bersamaan Galactagogue lainnya seperti Fenugreek dan Alfalfa. Disebutkan bahwa Marshmallow root cenderung untuk meningkatkan hindmilk/foremilk sehingga ASI akan relatif lebih kental dengan kandungan lemak yang lebih tinggi (untuk boost berat badan bayi)

4. Fennel Seed

Dalam bahasa Indonesia bernama Biji Adas. Merupakan jenis Galactagogue golongan utama selain Fenugreek. Memiliki sifat seperti hormon Estrogen sehingga menyebabkan naikknya produksi ASI. Gunakan fennel secara terbatas karena penggunaan berlebihan akan menyebabkan efek sebaliknya (menurunkan produksi ASI). Lebih detail tentang Fennel Seed disini http://breastfeeding.about.com/od/milksupplyproblems/a/Fennel.htm.

5. Fenugreek Seed

Biasa digunakan sebagai makanan sapi perah untuk meningkatkan produksi susu (waduh kok ada sapi tapi ini benar loh). Termasuk jenis Galactagogue golongan utama selain Fennel. Memiliki efek samping sama seperti Nettle dan Alfalfa yaitu diare ringan. Hal tersebut bisa dihindari dengan penggunaan dosis yang bertahap, mulai dari dosis rendah meningkat ke dosis normal. Referensi fenugreek: http://breastfeeding.about.com/od/milksupplyproblems/a/Fenugreek.htm.

6. Astragalus Root

Termasuk bahan yang banyak digunakan pada pengobatan Cina. Fungsi utamanya adalah meningkatkan imunitas dan beradaptasi dari stress yang timbul dari lingkungan. Jadi terlepas dari fungsi utama meningkatkan produksi ASI.

Our Lady of La Leche Tea

Cara Penggunaan Our Lady of La Leche

  • Tambahkan satu sendok makan dari ramuan teh kedalam air mendidih sekitar 300-400ml. Diamkankan sekitar 5-15menit. Semakin lama (15menit) semakin bagus.
  • Diminum 3-5kali sehari pada 1-2jam sebelum menyusui/memompa.

Harga Our Lady of La Leche Tea:

KOSONG (128 gram kemasan kaleng)

our lady of la leche tea bulk pack

KOSONG (184 gram kemasan kertas)

KOSONG (369 gram kemasan kertas)

Tersedia kemasan sampler isi 13gr (4 kali penyajian) buat yang ingin mencoba terlebih dahulu.
Harga kemasan sampler:

KOSONG (13gr)

our lady of la leche tea sampler bag