Herbal Suplemen/Booster ASI

Herbal Booster ASI

Pentingnya ASI tentunya kita sudah kita ketahui bersama.

Namun kadangkala produksi ASI bisa menurun, bisa dikarenakan faktor fisik maupun psikologi dari Ibu.

Disaat itulah dibutuhkan suatu suplemen untuk meningkatkan produksi ASI (booster ASI).

Di AsiBayi.Com menghadirkan beberapa pilihan booster ASI yang bisa dicoba oleh Ibu menyusui.

Semuanya berupa herbal artinya menggunakan bahan dasar dari alam. Mari coba kupas sedikit masing-masing herbal tersebut:

Fenugreek, klebet, atau hulbah

fenugreek leaves and seeds

Gambar dari: http://www.drsharma.ca

Ini merupakan herbal yang paling lazim sebagai suplemen penambah ASI. Populer dari Eropa, Asia, dan Amerika. Fenugreek juga banyak dijumpai pada mayoritas booster asi. Fenugreek adalah termasuk salah satu jenis galactagogue yang telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Galactagogue adalah substansi yang bisa meningkatkan produksi ASI. Termasuk herbal galactagogue lainnya yaitu blessed thistle, dan alfalfa. Pada kebanyakan ibu pengaruh fenugreek bisa dilihat pada 1-3hari, adapun yang lainnya kadang bisa dilihat pada 2 pekan, sisanya sama sekali tidak berpengaruh.

Dosis penggunaan pada umumnya berkisar 3.5 – 7.3 gram per hari agar terlihat efeknya. Busui juga bisa melihat respon tubuh terhadap herbal ini dengan memperhatikan keringat dan kencing yang berbau seperti sirup maple. Semakin berat tubuh Busui maka dosisnya juga musti ditambah :D.

Fenugreek bisa digunakan untuk jangka panjang dan jangka pendek. Sampai saat ini tidak ada laporan tentang efek negatif penggunaan Fenugreek dalam jangka panjang. Penggunaanya juga fleksibel, beberapa Busui hanya membutuhkan herbal ini dalam jangka waktu pendek dan selanjutnya tidak perlu mengkonsumsi Fenugreek dengan hasil ASI tetap lancar.

Ada hal penting yang perlu diperhatikan bahwa Fenugreek didalam booster ASI tidak cocok untuk Ibu Hamil dikarenakan bisa memicu kontraksi. Fenugreek bisa dikonsumsi oleh Ibu hamil dalam kapasitas digunakan sebagai bumbu dapur (biasanya dipakai sebagai bumbu rendang daging).

Daun Katuk

daun katuk

Jenis herbal ini mungkin hanya populer di Indonesia sebagai pelancar produksi ASI. Daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI karena diduga efek hormonal dari kandungan kimia sterol yang terkandung di dalamnya yang bersifat estrogenik. Daun katuk juga telah diketahui mengandung steroid. Steroid dan vitamin A berperan merangsang proliferasi epitel alveolus sehingga akan terbentuk alveolus yang baru, dengan demikian terjadi peningkatan jumlah alveolus. Alveolus adalah sel-sel yang memproduksi ASI.

Susu kedelai dan Madu

Susu kedelai tidak berperan langsung untuk menstimulasi produksi ASI, tapi bagus sebagai sumber nutrisi/protein.

Demikian juga madu berpesan sebagai sumber energi untuk seorang Ibu menyusui yang harus mengkonsumsi nutrisi yang lebih banyak dibanding tidak menyusui. Madu bagus untuk memperkaya kandungan ASI. Madu aman dikonsumsi oleh Ibu Menyusui baik bagi Ibu dan Bayi.

Makanan lainnya

Makanan lainnya yang bisa meningkatkan produksi ASI antara lain:

Konsumsi oatmeal setiap hari

Konsumsi bawang putih (satu siung per hari). Informasi lebih lengkap disini http://breastfeeding.about.com/od/milksupplyproblems/a/Garlic.htm

Konsumsi jahe. Jahe bisa membantu Busui agar mudah terjadi letdown dan aliran ASI yang lebih lancar. Tambahan informasi bisa dibaca disini http://www.drugs.com/breastfeeding/ginger.html

Suplemen ASI di ASIBayi.Com

Ada beberapa herbal booster asi yang tersedia di ASIBayi.Com baik itu produksi dalam negeri maupun dari luar negeri.

1. Sacred Tea

Herbal dengan harga termahal. Tapi memang khasiatnya cukup mumpuni. Banyak konsumen yang memberikan review positif, dibilangnya ‘AJAIB’. Tapi ada juga sebagian kecil (tidak sampai 1%) yang mengatakan bahwa sacred tea tidak efektif.

Kandungan sacred tea: BLESSED THISTLE, biji dan serbuk FENNEL (adas), biji dan serbuk FENUGREEK, ANISE, dan ALFALFA

Klik link ini untuk lebih jelas tentang harga dan deskripsi sacred tea

2. Mamasoya

Yang ini herbal buatan dalam negeri tetapi merupakan best seller di ASIBayi.Com. Adapun khasiatnya tidak dipandang sebelah mata, buktinya banyak yang berhasil dan populer di kalangan Ibu-Ibu. Berbahan dasar susu kedelai yang diperkaya dengan daun katuk, fenugreek, sari kurma, jintan hitam, dan bee poolen.

Klik link ini untuk lebih jelas tentang harga dan deskripsi mamasoya

3. Hulbah Fenugreek

Yang ini juga herbal buatan dalam negeri dengan kandungan 100% fenugreek

Klik link ini untuk lebih jelas tentang harga dan deskripsi hulbah fenugreek

4. EMAB Milk Maid Tea

Booster ASI dari luar negeri, nomor dua setelah sacred tea. Kandungannya Foeniculum vulgare (organic Fennel) seed, Trigonella foenum-graecum (organic fenugreek) seed, Rubus Idaeus (organic red raspberry) leaf, Urtica dioica (organic stinging nettle) leaf, Silybum marianum (organic milk thistle) seed, Citrus sinensis (organic orange) peel, Pempinella anisum (organic anise) seed, Carum carvi (organic caraway) seed, Medicago sativa (organic alfalfa) leaf

Klik link ini untuk lebih jelas tentang harga dan deskripsi EMAB milk maid tea

5. Madu ProASI

Herbal suplemen ASI dengan bahan dasar madu yang diperkaya Fenugreek, Nigellae Sativae Semen, Saropus Androgynus Folium (ekstraks daun katuk), Bee Pollen, dan Cinnamoni Cortex (kayu manis).

Klik link ini untuk lebih jelas tentang harga dan deskripsi Madu ProASI

6. Madu Hamil dan Menyusui Al Wadey

Yang ini terbuat dari hanya madu khusus yang lebahnya mengambil saripati bunga tertentu.

Klik link ini untuk lebih jelas tentang harga dan deskripsi Madu Hamil dan Menyusui Al Wadey

7. MamaHoney

Mirip dengan madu proasi, berbahan dasar madu diperkaya herbal lainnya. Namun mamahoney stocknya suka tersendat dari produsen.

Klik link ini untuk lebih jelas tentang harga dan deskripsi MamaHoney

8. Teh ASI

9. Dan lain-lain, masih banyak merek lainnya. Herbal suplemen ASI (booster ASI) lainnya bisa dilihat pada Katalog Booster ASI.

© Tulisan ini dibuat oleh tim asibayi. Sedangkan mengcopy mohon sertakan sumbernya.