Hulbah (Fenugreek) Pelancar ASI

Hulbah Fenugreek

Hulbah dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama fenugreek. Di India biji hulbah disebut methi dan di Indonesia disebut klabet. Klabet tak asing lagi bagi ibu-ibu karena klabet merupakan rempah bumbu memasak. Hulbah merupakan salah satu tanaman obat tertua di dunia yang mempunyai beragam khasiat. Biji hulbah mengandung karbohidrat sampai dengan 60%, protein, minyak lemak, minyak atsiri, flavonoid, vitexin, sapogenin, kumarin, trigliserida tinggi dll.  Hasil penelitian yang dilakukan telah berhasil mengisolasi senyawa diosgenin, yaitu bahan baku utama dalam produksi hormon steroid. Karena pengaruh steroid yang dapat menimbulkan kontraksi perut pada kehamilan muda maka ibu yang sedang hamil DILARANG mengkonsusmi hulbah, KECUALI menjelang kelahiran untuk membantu merangsang dan melancarkan kelahiran.

Sejak tahun 1945, penelitit Mesir telah melaporkan bahwa hulbah terbukti berkhasiat sebagai stimulator kuat bagi produksi ASI. Meskipun kini belum diketahui mekanisme kerjanya, namun pemakaian hulbah sebagai obat yang membantu melancarkan pengeluaran asi tetap dianjurkan. Hal ini terutama kearena diketahui bahwa hulbah relative aman bagi bayi yang sedang disusui. Efek samping yang mungkin terjadi adalah diare, dan jika hal ini terjadi maka dianjurkan untuk mengurangi dosis pemakaian.  Peneliti itu juga menganjurkan agar disamping mengonsumsi hulbah, ibu yang sedang menyusui juga harus rajin memompa air susu untuk mengosongkan payudara. Dalam sebuah studi dari 10 perempuan,penggunaan hulbah mampu meningkatkan secara signifikan volume asi (Swafford:2000).

Ibu-ibu umumnya melihat peningkatan produksi ASI mulai 24-72 jam setelah mengkonsumsi hulbah, tetapi bisa juga memakan waktu sampai 2 minggu bagi ibu yang lain untuk melihat perubahannya.

Resep khusus:

  • Konsumsi secara rutin 3 kapsul setiap hari ( lebih utama jika ditambah madu) untuk membantu merangsang, melancarkan, dan meningkatkan kualitas asi
  • Untuk ibu menyusui: Konsumsi secara rutin 2-4 kapsul 3 x sehari. Atau 1/2 – 1 sdt bubuk hulbah 3 x  sehari (lebih utama jika ditambah madu)

Sumber referensi tentang fenugreek http://www.kellymom.com/herbal/milksupply/fenugreek.html

Terdaftar POM TR. 133 375 111

Harga Hulbah Fenugreek:

IDR 45.000 (Isi 50 kapsul)

Produk Terkait:

Supplement penambah ASI yang lain bisa dilihat di Katalog Booster ASI.