Lactasip, Agar Produksi ASI makin SIP

Lactasip New Packaging

Apa itu Lactasip?

Lactasip adalah suplemen untuk meningkatan produksi ASI. Suplemen masuk kategori herbal karena menggunakan bahan-bahan utama alami yaitu fenugreek, black seed, fennel, dan curcuma rhizoma.

Khasiat Fenugreek

fenugreek at lactasip

Fenugreek (arab: hulbah, indonesia: klabet/klebet) merupakan herbal yang dikenal luas gunakan sebagai suplemen penambah ASI. Populer dari Eropa, Asia, dan Amerika, banyak dijumpai pada mayoritas produk booster asi. Fenugreek adalah termasuk salah satu jenis galactagogue yang telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Galactagogue adalah substansi yang bisa meningkatkan produksi ASI. Dosis penggunaan pada umumnya berkisar 3.5 – 7.3 gram per hari agar terlihat efeknya. Busui juga bisa melihat respon tubuh terhadap herbal ini dengan memperhatikan keringat dan kencing yang berbau seperti sirup maple. Semakin berat tubuh Busui maka dosisnya juga musti ditambah :D. Fenugreek bisa digunakan untuk jangka panjang dan jangka pendek. Sampai saat ini tidak ada laporan tentang efek negatif penggunaan Fenugreek dalam jangka panjang. Penggunaanya juga fleksibel, beberapa Busui hanya membutuhkan herbal ini dalam jangka waktu pendek dan selanjutnya tidak perlu mengkonsumsi Fenugreek dengan hasil ASI tetap lancar. Ada hal penting yang perlu diperhatikan bahwa Fenugreek didalam booster ASI tidak cocok untuk Ibu Hamil dikarenakan bisa memicu kontraksi. Fenugreek bisa dikonsumsi oleh Ibu hamil dalam kapasitas digunakan sebagai bumbu dapur (biasanya dipakai sebagai bumbu rendang daging).

Khasiat Black Seed

habbatus sauda at lactasip

Black seed (arab: habbatus sauda, indonesia: jintan hitam) memiliki manfaat yang beragam. Dalam hadits disebutkan bahwa Muhammad shalallahu a’alaihi wasallam berkata: “Sesungguhnya dalam habbatussauda itu terdapat penyembuh segala penyakit kecuali tua atau kematian”. Black seed berkhasiat untuk menyembuhkan mulai dari penyakit ringan sampai berat, juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan, ibu menyusui, dan para lansia. Black seed mengandung 40% minyak takasiri dan 1,4 % minyak atsiri, 15 macam asam amino, protein, kalsium, natrium, kalium, dan kandungan lainnya. Kandungan aktif yang terdapat pada biji jinten hitam adalah sel-sel T yang terdiri dari Thymoquinone (TQ), Dithymouinone (DTQ), thymohydroquimone (THQ) dan thymol (THY). Sel-sel 3T itulah yang kemudian terbukti dalam hasil penelitian bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membunuh sel-sel tubuh yang mematikan.

Khasiat Curcuma Rhizoma

Temulawak at Lactasip
Kandungan utama rimpang curcuma rhizoma/temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu). Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti-inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi. Manfaat Temulawak lainnya adalah untuk melancarkan ASI dan membersihkan darah. Tak hanya pasca melahirkan, sesungguhnya temulawak juga memiliki manfaat bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Konsumsi temulawak untuk ibu hamil bisa mengurangi efek mual terutama di awal-awal masa kehamilan. Manfaat temulawak untuk ibu hamil lainnya adalah membantu membersihkan darah di dalam tubuh dan mengurangi kadar lemak di dalam darah. Kedua masalah ini biasanya menjadi problem tersendiri bagi calon ibu di masa kehamilan.

fennel seeds

Fennel seeds in a wooden bowl. Photo Credit YelenaYemchuk/iStock/Getty Images

Fennel mengandung anethole yang dianggap sebagai phytoestrogen yang memiliki karakteristik mirip dengan hormon estrogen. Fennel bisa memacu terjadinya Letdown Reflex (LDR) sehingga produksi ASI menjadi lebih banyak.

Cara Penggunaan Lactasip:

Lactasip packaging
Satu box lactasip terdiri 30 plastik saji (gambar di atas).

Cara mengolah:

  • Campur 1 plastik saji dengan 500ml air. Bisa untuk 2 kali minum.
  • Rebus sampai mendidih, matikan, kemudian diamkan 3 jam (panci ditutup agar khasiat lebih maksimal). Bisa juga ditambahakan gula sesuai selera.
  • Setelah dingin saring dan minum sekaligus.
  • Diminum sehari dua kali pagi dan malam (sebelum memompa, jangan sebelum tidur).

Harga Lactasip:

IDR 50.000 (isi 30 plastik saji)

Testimoni:

Testimoni dari dokter Reisa Broto Asmoro (acara dr oz).

Lactasip Testimoni

sumber: instagram


Pilihan booster asi lainnya bisa dilihat di Katalog Booster ASI