Teh ASI, Breastmilk Booster Tea

teh asi intaj whp daun katuk fennel

Satu lagi produk Indonesia yang berfungsi sebagai booster ASI (meningkatkan produksi ASI), Teh ASI, Breastmilk Booster Tea.

Merupakan produk dari Intaj WHP. WHP merupakan merek dagang pemasaran dan mitra UKM Green Nirmala yang bergerak dibidang produksi dan pengemasan teh herbal dan minuman instan di Sidoarjo Jawa Timur. Konsetrasi WHP terfokus pada minuman kesehatan dalam bentuk teh celup dan seduhan instan.

intajwhp

Produk ini telah memiliki Dinkes P.IRT. No. 8103515121399.

Mengandung bahan aktif alami dari daun katuk, biji adas, dan lainnya yang mengandung anethole, dianethole dan photoanethole (senyawa yang meningkatkan estrogen dalam tubuh). Serta mengandung senyawa phytoestrogen (mirip dengan estrogen) yang mampu menstimulasi kesehatan payudara dan meningkatkan produksi susu untuk ibu menyusui.

Daun katuk dengan kandungan laktagagumnya (zat yang dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI) telah dipakai secara turun temurun untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Daun katuk dikonsumsi dalam bentuk sayur rebusan atau dilalap. Daun katuk mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin. Pada pemberian daun katuk ditemukan peningkatan kadar hormon steroid adrenal. Kadar prolaktin yang tinggi akan meningkatkan, mempercepat dan memperlancar produksi ASI. Daun katuk juga mengandung alkaloid, sterol, flavonoid dan tannin. Meskipun demikan cara mengolah daun katuk harus benar-benar diperhatikan, agar gizi yang terkandung di dalamnya tidak rusak. Terlalu matang/lama memasaknya akan menurunkan kualitas daun katuk sebagai pelancar ASI. Daun katuk memang hanya lazim digunakan di Indonesia dan Asia Tenggara.

Adapun Fennel Seed atau Biji Adas juga merupakan salah satu bahan utama Galactagogues yang digunakan cukup luas di berbagai belahan dunia. Pembahasan Fennel Seed cukup banyak, jika ingin mengetahui lebih banyak bisa via link berikut: http://breastfeeding.about.com/od/milksupplyproblems/a/Fennel.htm.

Cara penyajian Teh ASI:

Masukkan 1 kantong teh celup Teh ASI kedalam cangkir. Tuangkan air panas/mendidih 150ml, diamkan selama 3-5menit bisa ditambahkan gula atau madu sesuai selera dan minum selagi hangat. Minum 2 cangkir sehari selama masa menyusui.

Harga Teh ASI:

IDR 30.000 (isi 20 teh celup)*

*tiap teh celup 2 gram (total 40 gram)